Selasa, 26 Maret 2013

RPP SMP BERKARAKTER MENULIS PUISI


RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan                  : SMP
Mata pelajaran                         : Bahasa Indonesia
Kelas/Sesterem                        : VII/2
Alokasi Waktu                        : 2 x 40 menit
Kemampuan                            : Bersastra
A.    Standar Kompetensi:
 Menulis: mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif

B.     Kompetensi Dasar:
Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam.

C.     Indikator
kognitif
·         Mengidentifikasi unsur batin dalam puisi
·         Menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat puisi

Psikomotor
·      Mengembangkan beberapa kata menjadi sebuah puisi.
·      Menulis larik-larik puisi yang berisi keindahan alam dengan memperhatikan diksi dan rima.
Afektif
a.       Karakter
·         Tanggung jawab
·         Kreatif
·         Jujur

b.      Keterampilan sosial
·         Berperilaku santun (bertanya dan bersikap)
·         Menyumbangkan ide
·         Berinteraksi dengan teman kelompok
·         Membantu teman yang kesulitan
A.    Tujuan Pembelajaran
Kognitif
a.          Siswa mampu mengidentifikasi 3 unsur batin dalam puisi melalui diskusi kelompok.
b.         Siswa mampu menjelaskan 4 hal yang perlu diperhatikan dalam membuat puisi melalui diskusi kelompok.

Psikomotor
1.         Siswa mampu mengembangkan 6 kata menjadi sebuah puisi melalui diskusi kelompok.
2.         Siswa mampu menulis minimal 3 bait puisi yang berisi keindahan alam dengan memperhatikan diksi dan rima secara individu

Afektif
a.      Karakter
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan berperilaku, seperti bertanggung jawab, jujur, kreatif, teliti, dan rasa ingin tahu

b.      Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan bertanya dengan bahasa yang santun, menyumbang ide, dan membantu teman yang mengalami kesulitan, menghargai pendapat orang lain.




B.     Materi Pembelajaran
Karya sastra secara umum bisa dibedakan menjadi tiga: puisi, prosa, dan drama. Secara etimologis istilah puisi berasal dari kata bahasa Yunani poesis, yang berarti membangun, membentuk, membuat, menciptakan. Sedangkan kata poet dalam tradisi Yunani Kuno berarti orang yang mencipta melalui imajinasinya
Puisi merupakan salah satu sarana mengungkapkan ekspresi diri yang menggunakan kata-kata indah figuratif, singkat dan berisi. Benyak orang memilih puisi sebagai wahana mencurahkan perasaan dan emosi diri melaui bait-bait puisi yang indah. Disamping dapat mencurakan perasaan yang sedang dirasakan baik itu kekaguman, kesedihan, ataupun keindahan yang dilihat, puisi juga dapat dinikmati sebagai hiburan.
Puisi dibangun dari 2  unsur yaitu unsur fisik meliputi adalah diksi, rima, imaji, bahasa khiasan (figuratif), dan unsur batin meliputi tema, rasa dan amanat. Namun yang terpenting dalam menulis puisi adalah diksi yang berkaitan dengan pemilihan kata yang tepat mewakili yang ingin diungkapkan. Rima yaitu persamaan bunyi sajak yang ditimbulkan sehingga puisi terdengar indah dan merdu, rima sering juga disebut persajakan.
Tema merupakan pokok pembicaraan yang diungkapkan di dalam puisi.setiap puisi mempunyai suatu tema yang akan disampaikan kepada pembaca. Rasa adalah yaitu sikap penyair terhadap pokok permasalahan yang terdapat dalam puisinya. Pengungkapan tema dan rasa erat kaitannya dengan latar belakang sosial dan psikologi penyair, misalnya latar belakang pendidikan, agama, jenis kelamin, kelas sosial, kedudukan dalam masyarakat, usia, pengalaman sosiologis dan psikologis, dan pengetahuan. Kedalaman pengungkapan tema dan ketepatan dalam menyikapi suatu masalah tidak bergantung pada kemampuan penyairmemilih kata-kata, rima, gaya bahasa, dan bentuk puisi saja, tetapi lebih banyak bergantung pada wawasan, pengetahuan, pengalaman, dan kepribadian yang terbentuk oleh latar belakang sosiologis dan psikologisnya. Sedangkan amanat adalah pesan yang terkandung di dalam sebuah puisi yang disampaikan secara tersirat. Berikut contoh puisi.
kampungku
Medesah angin membelai daku
Mencium sudut-sudut rindu
Ah...rinduku kian menggebu
Terbayang bentangan permadani hijau
Kampungku....
Kau selalu menyelinap dikalbu
Mengelitik rasa mengenang syahdu
C.     MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
·         Model              : Kooperatif
·         Pendekatan     : CTL (kontruktivisme, MB, dan Inquiry)
·         Metode            : NHT

D.    BAHAN
LKS, Buku Ajar

E.     ALAT
LCD dan Laptop

F.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

NO.
KEGIATAN
Met.
Wkt
Peng. Kls
A.
KEGIATAN AWAL (10 MENIT)
1.      Mengkondisikan kelas: menyiapkan seluruh warga kelas dan alat pembelajaran, serta mempresensi
2.      Memotivasi siswa sebagai kegiatan  apersepsi.
3.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
4.      Menyampaikanprosedur pembelajaran, yaitu berkelompok

Tanya jawab


B.
KEGIATAN/INTI (65 MENIT)
1
2
3

A. EKSPLORASI
1. Siswa  dibagi dalam 6 kelompok yang terdiri dari 5-6 orang dan diberi nomor (3-5mnt)
2. Siswa dibagi soal mengenai (1) mengidentifikasi unsur-unsur batin puisi, (2) menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membuat puisi (3) membuat puisi mengenai keindahan alam (4) siswa mampu menyunting puisi karya mereka sendiri.
3. siswa diminta untuk menyumbangkan sebuah kata yang berkenaan dengan alam terutama pantai panjang yang ada di Bengkulu dan dicatat di papan tulis.
4. setiap kelompok dibagikan kertas dan mencatat kata-kata yang sudah ditulis siswa lain di papan tulis.
B. ELABORASI DAN KOLABORASI
3. setiap kelompok yang sudah mendapat soal mendiskusikan dan mencari jawabannya dan merangkai kata-kata yang disumbangkan siswa menjadi sebuah puisi sebagai kata kunci.
4. setiap siswa menyumbangkan ide dan mencatat hasil diskusi atau jawaban pertanyaan yang sudah diambil.

C. KONFIRMASI
5. guru menyebutkan nomor dan siswa yang nomornya disebut berhak mengangkat tangan dan memperebutkan soal yang akan dibaca begitulah seterusnya. Namun untuk membuat puisi dari kata-kata yang disumbangkan ditukarkan dengan kelompok lain untuk dinilai. Meliputi diksi, rima, dan bahasa figurtif.
6. jawaban yang benar diberi skor dan ditambah dengan skor hasil penilaian teman sehingga menjadi nilai kelompok untuk penentuan kelompok yang mendapatkan skor tertinggi
7. pemberian penguatan/reinforcement
8. Setiap kelompok menempelkan hasil kerja di papan tulis (2-3 menit).

NHT


























C.
KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)
1
2
3

1.      Siswa membuat rumusan simpulan tentang pembelajaran yang sudah diikutinya dan guru memberikan penguatan
2.      Siswa mengungkapkan kesan terhadap pembelajaran yang baru berlangsung dan manfaat dari mempelajari KD ini dengan menggunakan bahasa yang santun sebagai kegiatan refleksi.
3.      Siswa mengerjakan soal evaluasi
4.      Guru memberikan tugas untuk membuat puisi yang berkenaan dengan keindahan alam, budaya maupun peninggalan bersejarah di bengkulu.
Tanya jawab




G.    SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Lembar Kerja
2.      LP 1 = kognitif
3.      LP 2 = psikomotor
4.      LP 3 = afektif: perilaku berkarakter
5.      LP 4 = afektif: keterampilan sosial
6.      Silabus

H.    PENILAIAN
Jenis Tagihan:
·         Tugas individu:  menggunakan LP 1, LP 3, dan LP 4
·         Tugas kelompok: menggunakan LP 1 dan LP 2
·          Ulangan: lembar kerja
Bentuk Instrumen:
·         Uraian bebas
·         Jawaban singkat

Ranah
Indikator
Soal
Kognitif
1.    Siswa mampu mengidentifikasi 3 unsur batin dalam puisi.
2.    Siswa mampu menjelaskan 4 hal yang perlu diperhatikan dalam membuat puisi.

1.tentukanlah unsur-unsur batin dari puisi di atas!
2. jelaskan 4 hal yang perlu diperhatikan dalam menulis puisi !
Psikomotor
1. Menulis larik-larik puisi yang berisi keindahan alam dengan memperhatikan diksi dan rima


1. tuliskanlah sebuah puisi yang berkenaan dengan tempat wisata yang pernah di kunjungi!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar