Selasa, 26 Maret 2013

RPP SMA BERKARAKTER MEMBACA PIDATO


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan           : SMA
Mata Pelajaran                : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester               : XII/2
Alokasi Waktu                : 2 x 45 menit
Kemampuan                    : Berbahasa

A.     Standar Kompetensi:
 Membaca: Memahami artikel dan teks pidato

B.     Kompetensi Dasar:
Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat

C.     Indikator

kognitif
·        Menjelaskan persiapan yang perlu dilakukan sebelum membaca pidato
·        Mengidentifikasi unsur dalam sebuah naskah pidato.
·        Mengidentifikasi hal yang perlu diperhatikan dalam membaca pidato.
·        Menjelaskan tujuan utama dalam membaca pidato.
Psikomotor
·      Membacakan sebuah teks pidato dengan baik.
·      Membuat sebuah naskah pidato dengan baik.
Afektif
a. Karakter
·        bersahabat
·        Tanggung jawab
·        Rasa ingin tahu
·        jujur

b. Keterampilan sosial
·      Bertanya dengan bahasa yang santun
·      Menyumbang ide
·      Membantu teman yang mengalami kesulitan

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif                                          
1)      Siswa mampu menjelaskan 5 persiapan yang perlu dilakukan sebelum membaca pidato melalui diskusi kelompok.
2)      Siswa mampu mengidentifikasi 3 unsur dalam sebuah naskah pidato melalui diskusi kelompok.
3)      Siswa mampu mengidentifikasi 3 hal yang perlu diperhatikan dalam membaca pidato melalui diskusi kelompok.
4)      Siswa mampu menjelaskan 3 tujuan utama dalam membaca pidato.
  
Psikomotor
1.        Siswa mampu membacakan pidato dengan benar secara individu.
2.        Siswa mampu menulis sebuah pidato yang baik secara individu.

 Afektif
a.      Karakter
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan berperilaku, seperti bertanggung jawab, jujur, teliti, rasa ingin tahu

b.      Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan bertanya dengan bahasa yang santun, menyumbang ide, dan membantu teman yang mengalami kesulitan, menghargai pendapat orang lain.

E.      MATERI PEMBELAJARAN

Pidato biasanya dilakukan dalam situasi formal, namun ada juga pidato yang disampaikan pada situasi yang tidak formal, seperti pidato pada kempanye Pemilu dan orasi. Pidato umumnya bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela, memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain, Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik atau mendapat nilai lebih di mata orang lain.
Untuk melakukan suatu pidato yang baik sebaiknya, harus mengetahui tehnik yang tepat dalam berpidato. Tehnik-tehnik tersebut adalah sebagai berikut
·        Tehnik menghafal yaitu membuat suatu rencana pidato lalu menghapalkannya kata per kata.
·        Metode serta merta, yakni membawakan pidato tanpa persiapan dan hanya mengandalkan pengalaman dan wawasan. Biasanya dalam keadaan darurat tak terduga banyak menggunakan tehnik serta merta
·        Metode naskah, yaitu berpidato dengan menggunakan naskah yang telah dibuat sebelumnya dan umumnya dipakai pada pidato-pidato resmi.
·        Ekstemporan yaitu membuat garis-garis besar atau poin-poin yang penting untuk disampaikan.

Berdasarkan sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
1.       Pidato Pembukaan adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
2.       Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
3.      Pidato Sambutan yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
4.      Pidato Peresmian adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
5.      Pidato Laporan yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
6.      Pidato Pertanggungjawaban adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

Berikut ini contoh naskah pidato:
Asalammualaikum Wr. Wb.
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah.
Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan ini.
Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar di sekolah ini, yang dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah semua guru, kami pun dapat lulus dari SMA ini.
Mudah-mudahan semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan yang baik dan diberi kebahagiaan selalu.
Juga untuk teman-teman semua.Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua, karena kita sudah bersama-sama selama 3 tahun ini. Tapi tetap saya juga mendoakan teman-teman semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke STAIN, Universitas, STAN  maupun institusi pendidikan lainnya untuk dapat mencapai cita-cita yang selama ini diangan-angankan.
Akhir kata, saya mau mengucapkan sukses selalu buat teman-teman, doa saya menyertai teman-teman semua.
Wasalammualikum Wr. Wb.


F.      MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model           : kooperatif
Pendekatan   : CTL (kontruktivisme, Pemodelan, dan MB )
Metode         : NHT

G.     BAHAN
Teks pidato, lembar penilaian kelompok

H.     ALAT
Leptop dan LCD

I.        LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

NO
KEGIATAN
Met
wkt
 Peng. Kls
A.
KEGIATAN AWAL (10 MENIT)
1.       Mengondisikan kelas: menyiapkan seluruh warga kelas dan alat pembelajaran, serta mempresensi
2.       Memotivasi siswa sebagai kegiatan  apersepsi dengan cara: menayangkan video pembacaan pidato
3.       Menyampaikan tujuan pembelajaran
4.       Menyampaikan prosedur pembelajaran

Tanya jawab


B.
KEGIATAN/INTI (65 MENIT)
1
2
3

A.     EKSPLORASI
1.       guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok heterogen yang terdiri 5-6 orang dan kepada setiap anggota kelompok diberi nomor 1-6.
2.       guru memberikan tugas mengenai (1)  Menjelaskan 5 persiapan yang perlu dilakukan sebelum membaca pidato, (2) Mengidentifikasi 3 unsur dalam sebuah naskah pidato, (3) Mengidentifikasi 3 hal yang perlu diperhatikan dalam membaca pidato, (4)Menjelaskan 3 tujuan utama dalam membaca pidato, (5) Siswa mampu menulis sebuah pidato yang baik secara individu, (6) Siswa mampu membacakan pidato dengan benar secara individu

B. ELABORASI DAN KOLABORASI
3.       semua soal yang diberikan dikerjakan secara berkelompok kecuali no 5 dan 6. Seluruh anggota kelompok dipastikan semua kelompok mengetahui jawaban yang didiskusikan.

C. KONFIRMASI
4.       guru mengajukan pertanyaan tentang tugas dan memanggil salah satu nomor kecuali no. 5 dan 6 untuk diperebutkan di antara kelompok, begitu seterusnya sampai semua nomor mendapat giliran.
5.        untuk nomor 5 dan 6 digabung maksudnya hanya satu nomor saja yang dipanggil, dan nomor yang dipanggil maju kedepan dan membacakan naskah pidato yang ia tulis.
6.       setelah membaca pidato tersebut, setiap kelompok berdiskusi mengenai pembacaan pidato tersebut untuk  memberikan nilai secara jujur dan penuh tanggung jawab.
7.        setiap kelompok menyebutkan nilai yang sudah didiskusikan. Nilai-nilai yang diberikan dan dirata-ratakan dan menjadi nilai kelompok.
8.        jawaban yang benar diberi skor dan ditambah dengan nilai rata-rata pemberian teman dan penentuan kelompok yang mendapatkan skor tertinggi
9.        guru memberikan penguatan atau reinforcement
10.    Setiap kelompok menempelkan hasil kerjanya di papan tulis (2-3 menit).




























C.
KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)
1
2
3

1.       Siswa membuat rumusan simpulan tentang pembelajaran yang sudah diikutinya dan guru memberikan penguatan
2.       Siswa mengungkapkan kesan terhadap pembelajaran yang baru berlangsung dan manfaat dari mempelajari KD ini dengan menggunakan bahasa yang santun sebagai kegiatan refleksi.
3.       Guru memberikan tugas rumah
Tanya jawab

















J.      SUMBER PEMBELAJARAN

1.      Lembar Kerja
2.      LP 1 = kognitif: produk
3.      LP 2 = psikomotor
4.      LP 3 = afektif: perilaku berkarakter
5.      LP 4 = afektif: keterampilan sosial
6.      Silabus

K.    PENILAIAN
Jenis Tagihan:
·        Tugas individu:  menggunakan LP 1, LP 3, dan LP 4
·        Tugas kelompok: menggunakan LP 1, dan LP 2

Bentuk Instrumen:
·        Uraian bebas
·        Jawaban singkat
·        Lembar pengamatan
Ranah
Indikator
Soal
Kognitif

1.      Menjelaskan persiapan yang perlu dilakukan sebelum membaca pidato
2.      Mengidentifikasi unsur dalam sebuah naskah pidato.
3.      Mengidentifikasi hal yang perlu diperhatikan dalam membaca pidato.
4.      Menjelaskan tujuan utama dalam membaca pidato.

1.      Jelaskan persiapan yang perlu dilakukan sebelum membaca pidato!
2.      Tentukanlah unsur-unsur dalam sebuah naskah pidato!
3.      Tentukan hal yang perlu diperhatikan dalam membaca pidato!
4.      Jelaskan tujuan utama pidato!
Psikomotor
1.      Membacakan sebuah teks pidato dengan baik.
2.      Membuat sebuah naskah pidato dengan baik.


1.      Bacalah sebuah naskah pidato dan suntinglah naskah pidato tersebut!
2.      Buatlah sebuah pidato dengan memperhatikan unsur-unsur pidato!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar