Selasa, 26 Maret 2013

RPP RESENSI SMP BERKARAKTER


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan      : SMP
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : IX/I
Alokasi Waktu            : 2x40 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
Menulis: Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan
B.     KOMPETENSI DASAR
Menulis: Menulis resensi buku pengetahuan

C.    INDIKATOR :
1.      Kognitif
Produk
·         Mampu menentukan data buku yang dibaca
·         Mampu menuliskan ikhtisar isi buku
·         Mampu mendaftar butir-butir yang merupakan kelebihan dan kekurangan buku
·         Mampu menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan atas isi buku
Proses                                               
·         Mampu memadukan ikhtisar dan tanggapan pribadi ke dalam tulisan yang utuh
                
2.      Psikomotor
·         Menulis resensi buku pengetahuan



3.      Afektif
a.      Karakter
·         Kerja sama
·         Tanggung jawab
·         Jujur
·         Teliti
·         Rasa ingin tahu

b.      Keterampilan Sosial
·         Bertanya dengan bahasa yang santun
·         Berdiskusi dengan tertib dan menghargai pendapat teman
·         Menyumbang ide
·         Membantu teman yang kesulitan

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.       Kognitif
Produk
·         Siswa dapat menentukan data buku yang dibaca melalui kegiatan diskusi kelompok
·         Sisa dapat menuliskan ikhtisar isi buku melalui kegiatan diskusi kelompok
·         Siswa dapat  mendaftar butir-butir yang merupakan kelebihan dan kekurangan buku melalui kegiatan diskusi kelompok
 Proses
·         Siswa dapat  memadukan ikhtisar dan tanggapan pribadi ke dalam tulisan yang utuh.        
2.       Psikomotor
·         Siswa dapat menulis resensi buku pengetahuan dengan memperhatikan unsur-unsur resensi



3.      Afektif
a.      Karakter
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan berperilaku, seperti bertanggung jawab, jujur, teliti, rasa ingin tahu
b.      Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan bertanya dengan bahasa yang santun, menyumbang ide, dan membantu teman yang mengalami kesulitan, menghargai pendapat orang lain.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
Jenis tulisan yang memiliki hubungan dengan ringkasan dan ikhtisar adalah resensi. Tujuan resensi adalah menyampaikan kepada para pembaca apakah sebuah buku atau karya ituapakah patut mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak. Seorang penulis resensi (pertimbangan buku) bertolak dari tujuan untuk membantu para pembaca dalam menentukan perlu tidaknya sebuah buku dibaca. Resensi harus disesuaikan dengan selera pembaca. Oleh karena itu resensi yang dimuat melalui sebuah majalah mungkin tidak sama dengan yang disiarkan oleh majalah lain. Ada buku yang cocok dibaca oleh anak muda, ada pula yang cocok untuk orang tua. Jenis kelamin dan tingkat pendidikan juga dapat menentukan selera pembaca. Pembaca merupakan orang-orang yang akan dihadapi secara langsung oleh penulis resensi. Secara umum, resensi buku bertujuan memberikan informasi dan pemahaman tentang apa yang tampak dan terungkap pada sebuah buku, mengajak pembaca untuk memikirkan permasalahan dalam buku, dan member pertimbangan kepada pembaca apakah sebuah buku (fiksi atau nonfiksi) layak mendapat sambutan dari masyarakat. Sebagai sebuah rubrik di media massa, ada pula istilah selain resensi buku yang memiliki maksud dan tujuan, yakni tinjauan buku, ulasan buku, timbangan buku, pembicaraan buku, bedah buku, dan lain-lain.


Langkah-langkah menyusun resensi adalah sebagai berikut:
1.      Menyusun data buku
Data buku biasanya disusun sebagai berikut:
a. judul buku (Apakah buku itu termasuk buku hasil terjemahan. Kalau demikian, tuliskan judul aslinya.);
b. pengarang (Kalau ada, tulislah juga penerjemah, editor, atau penyunting seperti yang tertera pada buku.);
c. penerbit;
d. tahun terbit beserta cetakannya (cetakan ke berapa);
e. tebal buku;
f. harga buku (jika diperlukan).
2.      Membuat judul resensi
Judul resensi yang menarik dan benar-benar menjiwai seluruh tulisan atau inti tulisan, tidakharus ditetapkan terlebih dahulu. Judul dapat dibuat sesudah resensi selesai. Yang perlu diingat, judul resensi selaras dengan keseluruhan isi resensi.
3.      Membuat pembukaan
Pembukaan  dimulai dengan hal-hal
seperti  memperkenalkan siapa pengarangnya, karyanya berbentuk apa saja, dan prestasi apa saja yang diperoleh serta  memaparkan kekhasan atau sosok pengarang;
4.      Tubuh atau isi pernyataan resensi buku
Tubuh atau isi pernyataan resensi biasanya memuat
sinopsis atau isi buku dan penilaian mengenai buku tersebut yakni menentukan keunggulan dan kelemahan buku..
5.       Penutup resensi buku
Bagian penutup, biasnya berisi buku itu penting untuk siapa dan mengapa.
                                                
Contoh resensi buku pengetahuan
Judul: Pantai dan kehidupannya
Pengarang: Edy Karson
Penerbit: PT indah Jaya Afipratam,a             
Tahun terbit: 2003
Kota terbit: Bandung
Jumlah halaman: 64
Pantai dan Kehidupannya
Edy Karson ialah pengarang dari buku berjudul Pantai dan Kehidupannya.
Buku ini menjelaskan bahwa pantai itu manfaatnya bukan hanya sebagai tempat berekreasi, banyak sekali manfaat-manfaat pantai yang sangat penting bagi manusia. Contohnya saja dalam bidang ekonomi, pantai sangat bermanfaat bagi penduduk sekitarnya untuk mencari nafkah sebagai nelayan. Banyak sekali makhluk hidup yang hidup di pantai yang memilki berbagai manfaat yang beragam. Misalnya burung-burung laut yang bias diambil telur dan dagingnya. Siput, udang, lokan, tiram, dan remis untuk dimakan atau dijual ke pasar. Anjing laut yang bisa dimanfaatkan dagingnya untuk dimakandan bulunya untuk bahan pakaian orang-orang kaya di kota-kota besar. Buku ini  tidak hanya sekedar menjelaskan manfaat-manfaat pantai saja, melainkan buku ini juga menjelaskan tentang bagaimana sejarahnya pantai, Apa saja bencana yang dapat terjadi di pantai, mengapa pantai harus dijaga kelestariannya, dan juga contoh-contoh negara yang menyalahgunakan pantai sehingga menyebabkan pantai dan makhluk hidup di sekitarnya menjadi terganggu.
Buku ini juga dijelaskan dengan kalimat yang tidak terlalu rumit sehingga mudah dipahami oleh pembacanya. Walaupun disajikan dalam kalimat yang sederhana tetapi  buku ini tidak menyajikan gambar-gambar berwarna melainkan hitam-putih saja namun sesuai dengan topik yang dibicarakan dan cukup memberi gambaran informasi yang jelas. Buku ini terasa sedikit membosankan, namun sangat berguna bagi kita. jadi, pantai memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

F.     MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
·         Model             : Inquiri
·         Pendekatan    : CTL
·         Metode           : Quantum, penugasan, diskusi

G.    BAHAN
Lembar kerja dan spidol

H.    ALAT
Laptop, LCD,
                     
I.        LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

NO.
KEGIATAN
PENILAIAN OLEH PENGAMAT

A.
KEGIATAN AWAL
1.      Mengondisikan kelas: menyiapkan seluruh warga kelas dan alat pembelajaran, serta mempresensi
2.      Memotivasi siswa sebagai kegiatan  apersepsi dengan cara: biasanya dari mana siswa mendapatkan informasi?
3.      Siswa dan guru bertanya jawab untuk mengingat kembali cara membuat kesimpulan dari sebuah informasi dengan tepat
4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
5.      Menyampaikan prosedur pembelajaran, yaitu berkelompok


B.
KEGIATAN INTI



1.      Siswa  dibagi dalam kelompok kecil,  4-5 orang setiap kelompok
2.      Siswa membaca resensi buku “Pantai dan Kehidupannya” .
3.      Siswa mengidentifikasi unsur-unsur resensi buku “Pantai dan Kehidupannya”.
4.      Satu orang siswa sebagai perwakilan kelompok menyampaikan hasil pekerjaan mereka.
5.      Siswa yang tidak tampil menanggapi hasil pekerjaan temannya.
6.      Penguatan diberikan oleh guru terhadap hasil pekerjaan beberapa orang siswa yang disampaikan di depan kelas dan tanggapan siswa.
7.      Siswa mengumpulkan tugas.


C.
KEGIATAN AKHIR


1.      Siswa membuat rumusan simpulan tentang pembelajaran yang sudah diikutinya
2.      Siswa mengungkapkan kesan terhadap pembelajaran yang baru berlangsung dengan menggunakan bahasa yang santun sebagai kegiatan refleksi
3.      Guru memberikan penguatan terhadap simpulan yang diberikan oleh siswa
4.      Guru memberikan tugas rumah yaitu meresensi sebuah buku pengetahuan dengan memperhatikan unsur-unsur resensi.
































J.      SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Lembar Kerja
2.      LP 1 = kognitif: produk
3.      LP 2 = kognitif: proses
4.      LP 3 = psikomotor
5.      LP 4 = afektif: perilaku berkarakter
6.      LP 5 = afektif: keterampilan sosial
7.      Silabus

K.    PENILAIAN
Jenis Tagihan:
·         Tugas individu dan kelompok
·          lembar kerja
Bentuk Instrumen:
·         Uraian bebas
·         Jawaban singkat
·         Lembar Pengamatan




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar