Sabtu, 18 Mei 2013

RPP MENULIS NARASI SMA BAHASA INDONESIA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH                          : SMA
MATA PELAJARAN         : Bahasa Indonesia
KELAS                                : X
SEMESTER                        : 1
TAHUN PELAJARAN      : 2011/2012


A.          STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : Menulis Gagasan Paragraf Naratif

B.           KOMPETENSI DASAR :
Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif

C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Menulis paragraf naratif,  untuk mengetahui berbagai hal sebagai berikut:
·          Jenis-jenis pola pengembangan karangan
·          Klasifikasi paragraf naratif
·          Identifikasi ciri-ciri paragraf naratif
·          Persiapan menulis prosa naratif
·         Menulis paragraf naratif

D.          INDIKATOR :
·         Mengidentifikasi (pola pengembangan karangan, ciri-ciri dan struktur prosa naratif)
·         Menanggapi unsur-unsur menulis paragraf naratif yang ditemukan melalui contoh karangan
·         Menemukan kata konjungsi
·         Persiapan menulis prosa naratif
·         Menggunakan kata-kata kajian

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
  • Mengidentifikasi (pola pengembangan karangan, ciri-ciri dan struktur prosa naratif)
  • Menanggapi unsur-unsur menulis paragraf naratif yang ditemukan melalui contoh karangan
  • Menemukan kata konjungsi
  • Persiapan menulis prosa naratif
  • Menggunakan kata-kata kajian


F.           METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan untuk menyimak cerita berpola paragraf naratif
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Persiapan menulis
§  Tugas individu
§  Refleksi dengan kuis

G.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal   :
§  Guru melakukan apersepsi, dengan teknik 3S (Senyum, Sapa, dan Salam), kemudian memberikan motivasi dengan “Teriakkan semangatmu!”, selanjutnya mengecek daftar hadir.
§  Guru membuka pelajaran dengan bertanya dasar berdasarkan tujuan pelajaran menulis paragraf naratif.
§  Guru memberi tugas kepada siswa untuk menyimak sebuah paragraf naratif. Guru membuka sebuah paragraf naratif yang telah disiapkan, didalamnya sudah ada unsur-unsur paragraf naratif yang akan dipelajari yaitu pola urutan waktu, dan tempat, serta kata-kata konjungsi.
§  Guru membuat siswa menyimpulkan tujuan pembelajaran hari ini.


Kegiatan Inti      :
·         Mengidentifikasi unsur-unsur paragraf naratif, yaitu pola urutan waktu dan tempat, serta kata-kata konjungsi yang digunakan.
·         Guru menjelaskan secara mendetail mengenai unsur-unsur paragraf naratif tersebut.
·         Siswa mempersiapkan diri untuk menulis dengan mengumpulkan bahan cerita berdasarkan kronologis. Dengan di tulis dalam buku, serta menuliskannya ke papan tulis.
·         Guru memberikan tugas dengan instruksi untuk menulis sebuah karangan atau paragraf naratif berdasarkan bahan-bahan yang sudah siswa persiapkan, serta sesuai dengan unsur-unsur menulis paragraf naratif.
·         Guru membimbing siswa dalam mengerjakan tugas, secara bergilir dan menyeluruh.
·         Tugas dikumpulkan, dan dibahas secara bersama-sama.

Kegiatan Akhir   :
§  Refleksi
§  Guru memancing pemahaman siswa dengan teknik “Aku Bisa!” untuk menyimpulkan pembelajaran hari ini. Siswa yang mampu menyimpulkan pembelajaran dengan baik akan mendapatkan nilai yang bagus, dengan predikat masuk daftar siswa BATIK (Bagus, Teladan dan Menarik).
§  Penugasan.


H.          ALOKASI WAKTU :
2 x 45 menit

I.             SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         Karangan Naratif secara lisan oleh guru sebagai pengantar.
·         Paragraf naratif, cerpen Lelaki Hebat  Karya Litra P.
·         Buku paket Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA kelas X
·         Berlatih menulis paragraf naratif secara langsung.
·         Internet.

J.            PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  kuis “Aku Bisa!”

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  menulis paragraf naratif
§  jawaban singkat



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar