Kamis, 12 Maret 2015

Cloze Test Bahasa Indonesia (Wacana Rumpang)

Wacana berikut dirumpangkan pada kata ke lima.

Dampak Penggunaan Facebook Bagi Pelajar

Jumlah kata:  225 kata
            Facebook, mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Facebook adalah jaringan sosial paling populer di Indonesia pada saat ini. Jaringan facebook sangatlah luas (1)………….. sampai ke penjuru dunia. (2)………… kemungkinan yang menyangkut hubungan (3)…………..sesama manusia bisa terjadi (4)…………… jaringan ini. Mulai dari (5)………. kerja, pemanfaatan sebagai sarana (6)………… sampai hal-hal yang buruk (7)…………… terjadi. Maka, tidak heran (8)…………… facebook dalah salah satu (9)………… jejaring sosial yang sangat (10)………….  oleh masyarakat terutama di (11)………….. Pelajar.
            Tetapi tidak bisa (12)…………. bahwa orang di indonesia (13)………….. facebook, Sehingga banyak orang (14)…………. bahwa facebook merupakan situs (15)…………. sosial yang mengakibatkan banyak (16)………….. buruk ketimbang memberikan dampak (17)………….. Contoh dari dampak buruk (18)………….. facebook di kalangan pelajar (19)………….. membuat malas belajar karena (20)………… dengan facebook. Kita juga (21)…………. melihat ketika jam belajar (22)…………. beberapa pelajar yang asik (23)…………… facebook daripada mendengarkan dan (24)……………  pembelajaran. Tetapi jika menggunakan (25)………….. jejaring facebook ini dengan (26)………… dan sesuai keperluan, akan (27)…………. dampak positif, yaitu kita (28)…………. bertukar informasi tentang pembelajaran (29)…………. pelajar tidak akan tertinggal (30)………….. . Selain itu, kita juga (31)…………. mempererat silahturami antar pelajar (32)………….. kita dapat menjadi lebih (33)……….. . 
            Jadi, sebenarnya facebook sangatlah (34)…………… untuk kalangan pelajar, tergantung (35)………….. cara penggunaannya. Sebagai pelajar kita harus bijak sehingga kita hanya akan mendapatkan dampak positif dari penggunaan facebook dan dapat meminimalisir pengaruh negatif yang timbul akibat penggunaan facebook ini.
Kunci Jawaban
1.      berkembang
2.      Segala
3.      antar
4.      di
5.      hubungan
6.      penjualan
7.      dapat
8.      kalau
9.      situs
10.  digemari
11.  kalangan         
12.  dipungkiri
13.  menyalahgunakan
14.  melihat
15.  jejaring
16.  dampak
17.  positif
18.  penggunaan
19.  adalah
20.  asyik
21.  sering
22.  terdapat
23.  online
24.  mengikuti
25.  situs
26.  benar
27.  mempunyai
28.  dapat
29.  sehingga
30.  informasi
31.  dapat
32.  sehingga
33.  akrab
34.  penting
35.  dari

Dampak Penggunaan Facebook Bagi Pelajar

Jumlah kata:  225 kata
            Facebook, mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Facebook adalah jaringan sosial paling populer di Indonesia pada saat ini. Jaringan facebook sangatlah luas berkembang sampai ke penjuru dunia. Segala kemungkinan yang menyangkut hubungan antar sesama manusia bisa terjadi di jaringan ini. Mulai dari hubungan kerja, pemanfaatan sebagai sarana penjualan sampai hal-hal yang buruk dapat terjadi. Maka, tidak heran kalau facebook dalah salah satu situs jejaring sosial yang sangat digemari oleh masyarakat terutama di kalangan Pelajar.
            Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa orang di indonesia menyalahgunakan facebook, Sehingga banyak orang melihat bahwa facebook merupakan situs jejaring sosial yang mengakibatkan banyak dampak buruk ketimbang memberikan dampak positif. Contoh dari dampak buruk penggunaan facebook di kalangan pelajar adalah membuat malas belajar karena asyik dengan facebook. Kita juga sering melihat ketika jam belajar terdapat beberapa pelajar yang asik online facebook daripada mendengarkan dan mengikuti pembelajaran. Tetapi jika menggunakan situs jejaring facebook ini dengan benar dan sesuai keperluan, akan mempunyai dampak positif, yaitu kita dapat bertukar informasi tentang pembelajaran sehingga pelajar tidak akan tertinggal informasi. Selain itu, kita juga dapat mempererat silahturami antar pelajar sehingga kita dapat menjadi lebih akrab.        
            Jadi, sebenarnya facebook sangatlah penting untuk kalangan pelajar, tergantung dari cara penggunaannya. Sebagai pelajar kita harus bijak sehingga kita hanya akan mendapatkan dampak positif dari penggunaan facebook dan dapat meminimalisir pengaruh negatif yang timbul akibat penggunaan facebook ini.

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar