RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX/I
Alokasi Waktu : 2x40 menit
A.
STANDAR
KOMPETENSI
Menulis: Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris,
resensi, dan karangan
B. KOMPETENSI DASAR
Menulis: Menulis resensi buku pengetahuan
C. INDIKATOR
:
1. Kognitif
Produk
·
Mampu menentukan data buku yang dibaca
·
Mampu menuliskan ikhtisar isi buku
·
Mampu
mendaftar butir-butir yang merupakan kelebihan dan kekurangan buku
·
Mampu
menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan atas isi buku
Proses
·
Mampu memadukan ikhtisar dan tanggapan pribadi ke dalam tulisan
yang utuh
2. Psikomotor
·
Menulis resensi buku pengetahuan
3. Afektif
a. Karakter
·
Kerja sama
·
Tanggung jawab
·
Jujur
·
Teliti
·
Rasa ingin tahu
b. Keterampilan Sosial
·
Bertanya dengan bahasa yang santun
·
Berdiskusi dengan tertib dan menghargai
pendapat teman
·
Menyumbang ide
·
Membantu teman yang kesulitan
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Kognitif
Produk
·
Siswa
dapat menentukan data buku yang dibaca melalui kegiatan diskusi
kelompok
·
Sisa
dapat menuliskan ikhtisar isi buku melalui kegiatan diskusi
kelompok
·
Siswa
dapat mendaftar butir-butir yang
merupakan kelebihan dan kekurangan buku melalui kegiatan diskusi kelompok
Proses
·
Siswa
dapat memadukan
ikhtisar dan tanggapan pribadi ke dalam tulisan yang utuh.
2. Psikomotor
·
Siswa dapat
menulis resensi buku pengetahuan dengan memperhatikan unsur-unsur resensi
3.
Afektif
a.
Karakter
Siswa
terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan berperilaku,
seperti bertanggung jawab, jujur, teliti, rasa ingin tahu
b.
Keterampilan
sosial
Siswa
terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam
keterampilan bertanya dengan bahasa yang santun, menyumbang ide, dan membantu
teman yang mengalami kesulitan, menghargai pendapat orang lain.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
Jenis
tulisan yang memiliki hubungan dengan ringkasan dan ikhtisar adalah resensi.
Tujuan resensi adalah menyampaikan kepada para pembaca apakah sebuah buku atau
karya ituapakah patut mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak. Seorang
penulis resensi (pertimbangan buku) bertolak dari tujuan untuk membantu para
pembaca dalam menentukan perlu tidaknya sebuah buku dibaca. Resensi harus
disesuaikan dengan selera pembaca. Oleh karena itu resensi yang dimuat melalui
sebuah majalah mungkin tidak sama dengan yang disiarkan oleh majalah lain. Ada
buku yang cocok dibaca oleh anak muda, ada pula yang cocok untuk orang tua.
Jenis kelamin dan tingkat pendidikan juga dapat menentukan selera pembaca.
Pembaca merupakan orang-orang yang akan dihadapi secara langsung oleh penulis
resensi. Secara
umum, resensi buku bertujuan memberikan informasi dan pemahaman tentang apa
yang tampak dan terungkap pada sebuah buku, mengajak pembaca untuk memikirkan permasalahan
dalam buku, dan member pertimbangan kepada pembaca apakah sebuah buku (fiksi
atau nonfiksi) layak mendapat sambutan dari masyarakat. Sebagai sebuah rubrik
di media massa, ada pula istilah selain resensi buku yang memiliki maksud dan
tujuan, yakni tinjauan buku, ulasan buku, timbangan buku, pembicaraan buku,
bedah buku, dan lain-lain.
Langkah-langkah menyusun resensi adalah sebagai berikut:
1.
Menyusun
data buku
Data buku biasanya disusun sebagai berikut:
a. judul buku (Apakah buku itu termasuk buku hasil terjemahan. Kalau demikian, tuliskan judul aslinya.);
b. pengarang (Kalau ada, tulislah juga penerjemah, editor, atau penyunting seperti yang tertera pada buku.);
c. penerbit;
d. tahun terbit beserta cetakannya (cetakan ke berapa);
e. tebal buku;
f. harga buku (jika diperlukan).
Data buku biasanya disusun sebagai berikut:
a. judul buku (Apakah buku itu termasuk buku hasil terjemahan. Kalau demikian, tuliskan judul aslinya.);
b. pengarang (Kalau ada, tulislah juga penerjemah, editor, atau penyunting seperti yang tertera pada buku.);
c. penerbit;
d. tahun terbit beserta cetakannya (cetakan ke berapa);
e. tebal buku;
f. harga buku (jika diperlukan).
2.
Membuat
judul resensi
Judul resensi yang menarik dan benar-benar menjiwai seluruh tulisan atau inti tulisan, tidakharus ditetapkan terlebih dahulu. Judul dapat dibuat sesudah resensi selesai. Yang perlu diingat, judul resensi selaras dengan keseluruhan isi resensi.
Judul resensi yang menarik dan benar-benar menjiwai seluruh tulisan atau inti tulisan, tidakharus ditetapkan terlebih dahulu. Judul dapat dibuat sesudah resensi selesai. Yang perlu diingat, judul resensi selaras dengan keseluruhan isi resensi.
3.
Membuat
pembukaan
Pembukaan dimulai dengan hal-hal seperti memperkenalkan siapa pengarangnya, karyanya berbentuk apa saja, dan prestasi apa saja yang diperoleh serta memaparkan kekhasan atau sosok pengarang;
Pembukaan dimulai dengan hal-hal seperti memperkenalkan siapa pengarangnya, karyanya berbentuk apa saja, dan prestasi apa saja yang diperoleh serta memaparkan kekhasan atau sosok pengarang;
4.
Tubuh
atau isi pernyataan resensi buku
Tubuh atau isi pernyataan resensi biasanya memuat sinopsis atau isi buku dan penilaian mengenai buku tersebut yakni menentukan keunggulan dan kelemahan buku..
Tubuh atau isi pernyataan resensi biasanya memuat sinopsis atau isi buku dan penilaian mengenai buku tersebut yakni menentukan keunggulan dan kelemahan buku..
5.
Penutup resensi buku
Bagian penutup, biasnya berisi buku itu penting untuk siapa dan mengapa.
Bagian penutup, biasnya berisi buku itu penting untuk siapa dan mengapa.
Contoh resensi buku pengetahuan
Judul: Pantai dan kehidupannya
Pengarang: Edy Karson
Penerbit: PT indah Jaya Afipratam,a
Tahun terbit: 2003
Kota terbit: Bandung
Jumlah halaman: 64
Pantai dan Kehidupannya
Edy Karson ialah pengarang dari buku
berjudul Pantai dan Kehidupannya.
Buku ini menjelaskan bahwa pantai itu manfaatnya bukan
hanya sebagai tempat berekreasi, banyak sekali manfaat-manfaat pantai yang
sangat penting bagi manusia.
Contohnya saja dalam bidang ekonomi, pantai sangat bermanfaat
bagi penduduk sekitarnya untuk mencari nafkah sebagai nelayan. Banyak sekali makhluk hidup yang
hidup di pantai
yang memilki berbagai manfaat yang
beragam. Misalnya burung-burung laut yang bias diambil telur dan dagingnya. Siput, udang, lokan, tiram, dan
remis untuk dimakan atau
dijual ke pasar. Anjing laut yang bisa dimanfaatkan dagingnya untuk dimakandan
bulunya untuk bahan pakaian orang-orang kaya di kota-kota besar. Buku ini tidak hanya sekedar menjelaskan manfaat-manfaat pantai saja, melainkan buku ini juga
menjelaskan tentang bagaimana sejarahnya pantai, Apa saja bencana yang dapat terjadi di
pantai, mengapa pantai harus dijaga kelestariannya, dan juga contoh-contoh negara yang
menyalahgunakan pantai sehingga
menyebabkan pantai dan makhluk hidup di sekitarnya menjadi terganggu.
Buku ini juga dijelaskan dengan kalimat yang tidak terlalu rumit sehingga mudah dipahami oleh
pembacanya. Walaupun disajikan dalam kalimat yang sederhana tetapi buku ini tidak menyajikan gambar-gambar
berwarna melainkan hitam-putih saja namun sesuai dengan topik yang dibicarakan dan cukup memberi gambaran informasi
yang jelas. Buku
ini terasa sedikit membosankan, namun
sangat berguna bagi kita. jadi, pantai memiliki banyak manfaat bagi
kehidupan manusia.
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
·
Model : Inquiri
·
Pendekatan : CTL
·
Metode : Quantum, penugasan, diskusi
G.
BAHAN
Lembar
kerja dan spidol
H.
ALAT
Laptop, LCD,
I.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
KEGIATAN
|
PENILAIAN
OLEH PENGAMAT
|
A.
|
KEGIATAN
AWAL
1. Mengondisikan
kelas: menyiapkan seluruh warga kelas dan alat pembelajaran, serta
mempresensi
2. Memotivasi
siswa sebagai kegiatan apersepsi
dengan cara: biasanya dari mana siswa mendapatkan informasi?
3. Siswa
dan guru bertanya jawab untuk mengingat kembali cara membuat kesimpulan dari
sebuah informasi dengan tepat
4. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
5. Menyampaikan
prosedur pembelajaran, yaitu berkelompok
|
|
B.
|
KEGIATAN
INTI
|
|
1. Siswa dibagi dalam kelompok kecil, 4-5 orang setiap kelompok
2.
Siswa membaca resensi
buku “Pantai dan Kehidupannya” .
3.
Siswa mengidentifikasi unsur-unsur resensi buku “Pantai dan
Kehidupannya”.
4.
Satu orang siswa sebagai perwakilan kelompok menyampaikan hasil pekerjaan
mereka.
5.
Siswa yang tidak tampil menanggapi hasil pekerjaan temannya.
6.
Penguatan diberikan oleh guru terhadap hasil pekerjaan beberapa orang
siswa yang disampaikan di depan kelas dan tanggapan siswa.
7.
Siswa mengumpulkan tugas.
|
||
C.
|
KEGIATAN
AKHIR
|
|
1. Siswa
membuat rumusan simpulan tentang pembelajaran yang sudah diikutinya
2. Siswa
mengungkapkan kesan terhadap pembelajaran yang baru berlangsung dengan
menggunakan bahasa yang santun sebagai kegiatan refleksi
3. Guru
memberikan penguatan terhadap simpulan yang diberikan oleh siswa
4. Guru
memberikan tugas rumah yaitu meresensi sebuah buku pengetahuan dengan memperhatikan unsur-unsur resensi.
|
J.
SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Lembar
Kerja
2.
LP
1 = kognitif: produk
3.
LP
2 = kognitif: proses
4.
LP
3 = psikomotor
5.
LP
4 = afektif: perilaku berkarakter
6.
LP
5 = afektif: keterampilan sosial
7.
Silabus
K.
PENILAIAN
Jenis
Tagihan:
·
Tugas
individu dan kelompok
·
lembar kerja
Bentuk
Instrumen:
·
Uraian
bebas
·
Jawaban
singkat
·
Lembar Pengamatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar