RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH : SMA
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : 2011/2012
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Menulis : Menulis Gagasan Paragraf Naratif
B.
KOMPETENSI
DASAR :
Menulis gagasan dengan menggunakan
pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Menulis paragraf naratif, untuk
mengetahui berbagai hal sebagai berikut:
·
Jenis-jenis pola pengembangan karangan
·
Klasifikasi
paragraf naratif
·
Identifikasi
ciri-ciri paragraf naratif
·
Persiapan
menulis prosa naratif
·
Menulis
paragraf naratif
D.
INDIKATOR
:
·
Mengidentifikasi (pola pengembangan karangan, ciri-ciri dan
struktur prosa naratif)
·
Menanggapi unsur-unsur menulis paragraf naratif yang
ditemukan melalui contoh karangan
·
Menemukan
kata konjungsi
·
Persiapan
menulis prosa naratif
·
Menggunakan
kata-kata kajian
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
- Mengidentifikasi (pola pengembangan karangan, ciri-ciri dan struktur prosa naratif)
- Menanggapi unsur-unsur menulis paragraf naratif yang ditemukan melalui contoh karangan
- Menemukan kata konjungsi
- Persiapan menulis prosa naratif
- Menggunakan kata-kata kajian
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§ Penugasan untuk menyimak cerita berpola
paragraf naratif
§ Tanya Jawab
§ Ceramah
§ Persiapan menulis
§ Tugas individu
§ Refleksi dengan kuis
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
§ Guru melakukan apersepsi,
dengan teknik 3S (Senyum, Sapa, dan Salam), kemudian memberikan motivasi dengan
“Teriakkan semangatmu!”, selanjutnya
mengecek daftar hadir.
§ Guru membuka pelajaran dengan bertanya dasar
berdasarkan tujuan pelajaran menulis paragraf naratif.
§ Guru memberi tugas kepada siswa untuk menyimak
sebuah paragraf naratif. Guru membuka sebuah paragraf naratif yang telah
disiapkan, didalamnya sudah ada unsur-unsur paragraf naratif yang akan
dipelajari yaitu pola urutan waktu, dan tempat, serta kata-kata konjungsi.
§ Guru membuat siswa menyimpulkan tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan Inti :
·
Mengidentifikasi
unsur-unsur paragraf naratif, yaitu pola urutan waktu dan tempat, serta
kata-kata konjungsi yang digunakan.
·
Guru
menjelaskan secara mendetail mengenai unsur-unsur paragraf naratif tersebut.
·
Siswa
mempersiapkan diri untuk menulis dengan mengumpulkan bahan cerita berdasarkan
kronologis. Dengan di tulis dalam buku, serta menuliskannya ke papan tulis.
·
Guru
memberikan tugas dengan instruksi untuk menulis sebuah karangan atau paragraf
naratif berdasarkan bahan-bahan yang sudah siswa persiapkan, serta sesuai dengan
unsur-unsur menulis paragraf naratif.
·
Guru
membimbing siswa dalam mengerjakan tugas, secara bergilir dan menyeluruh.
·
Tugas
dikumpulkan, dan dibahas secara bersama-sama.
Kegiatan Akhir :
§ Refleksi
§ Guru memancing pemahaman
siswa dengan teknik “Aku Bisa!” untuk
menyimpulkan pembelajaran hari ini. Siswa yang mampu menyimpulkan pembelajaran
dengan baik akan mendapatkan nilai yang bagus, dengan predikat masuk daftar
siswa BATIK (Bagus, Teladan dan Menarik).
§ Penugasan.
H.
ALOKASI
WAKTU :
2 x 45
menit
I.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
Karangan
Naratif secara lisan oleh guru sebagai pengantar.
·
Paragraf
naratif, cerpen Lelaki Hebat Karya Litra P.
·
Buku paket
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra
Indonesia untuk SMA dan MA kelas X
·
Berlatih
menulis paragraf naratif secara langsung.
·
Internet.
J.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§
tugas individu
§
kuis
“Aku Bisa!”
Bentuk Instrumen:
§
uraian bebas
§
menulis
paragraf naratif
§ jawaban singkat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar